Rabu, 11 November 2015

Langkah Aktif Mendukung Pengembangan Herbal Medicine

Langkah Pengembangan Herbal Medicine
Baru-baru ini Universitas Jember sudah meresmikan salah satu bangunan kampus yang digunakan sebagai Wahana Tanaman Obat Herbal. Ini adalah salah satu tanah kampus yang digunakan untuk membangun dan menyediakan fasilitas besar dalam dunia pengobatan herbal. Universitas Jember yang menjadi salah satu kampus dengan nuansa pertanian dan pengobatan herbal sudah mengambil langkah yang sangat besar. Saat ini masyarakat sudah bisa mendatangi tempat ini dan melihat secara langsung berbagai jenis tanaman obat herbal. Meskipun lahan ini digunakan untuk mengembangkan obat herbal namun juga menjadi lahan penelitian bagi mahasiswa terutama jurusan Fakultas Farmasi. Ini adalah salah satu langkah yang nyata untuk mendukung pengembangan Herbal Medicine. Indonesia sudah terkenal dengan hasil rempah-rempah dan berbagai jenis tanaman herbal. Namun hingga saat ini obat herbal masih menjadi obat pilihan kedua jika obat medis sudah tidak memberikan hasil terbaik. Hal ini berkebalikan dengan negara lain yang sudah mengembangkan obat herbal seperti China, India, Korea atau Jepang.

Alasan Utama Pemilihan Herbal Medicine atau Pengobatan Herbal

Pada awalnya obat herbal masih menjadi obat sampingan yang digunakan setelah obat medis atau bersamaan dengan obat medis. Hanya sedikit masyarakat yang benar-benar percaya dengan obat herbal. Akibatnya popularitas obat herbal memang menurun. Baru akhir-akhir ini obat herbal kembali dikenal oleh masyarakat. Kondisi ini bersamaan dengan munculnya berbagai produsen obat herbal yang mengembangkan produk herbal siap konsumsi. Obat herbal sebenarnya bisa menjadi solusi yang tepat untuk benar-benar sembuh dari sebuah kondisi penyakit. Obat herbal akan bekerja untuk mengatasi berbagai keluhan dengan cara yang lebih aman, tanpa efek samping, efektif dan gerakan yang lembut sehingga tidak merusak organ tubuh. Bahkan studi dan penelitian sudah membuktikan bahwa obat herbal memang sangat alami dan tidak memberikan efek samping.

foto wahana herbal medicineObat herbal sebenarnya memiliki tingkat konsumen yang lebih luas karena bisa diberikan untuk bayi, anak-anak, orang dewasa dan juga orang tua. Situasi atau kondisi penyakit pada beberapa tahap juga akan sangat menguntungkan seperti gejala, kondisi penyakit jangka pendek dan jangka panjang. Bahkan dorongan inilah yang kemudian membuat munculnya beberapa dokter yang khusus menggunakan obat herbal sebagai resep utama. Sementara obat kimia hanya digunakan sebagai produk sampingan ketika kondisi yang sangat terpaksa.

Manfaat Obat Herbal Secara Umum

Herbal Medicine adalah proses pengobatan yang bisa mengatasi berbagai kondisi penyakit. Obat herbal selalu memiliki beberapa reaksi yang sangat berbeda sesuai dengan kondisi tubuh. Ada orang yang memang mudah menerima berbagai obat herbal dan ada orang yang sama sekali tidak bisa. Jadi alasan inilah yang mendorong agar penggunaan obat herbal mendapatkan pengujian dan penelitian secara resmi seperti oleh kalangan pendidikan dan juga dunia medis. Berikut ini adalah dasar atau bagaimana cara kerja obat herbal untuk tubuh.

  1. Obat herbal bekerja dengan cara yang lebih lambat untuk memberikan adaptasi pada tubuh sehingga tidak ada efek samping yang muncul.
  2. Sebenarnya tubuh sudah memiliki kemampuan untuk menerima obat herbal dengan alami dan sama sekali tidak akan memberikan perlawanan terhadap zat kimia atau senyawa yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Obat herbal akan memberikan manfaat yang sangat luas terutama untuk mencegah berbagai jenis penyakit, mengobati dengan langkah yang sangat lembut, tidak membuat tubuh terpaksa menerima obat dan membawa keseimbangan kesehatan secara menyeluruh termasuk saat tahap pemulihan.
  4. Berbagai jenis obat herbal akan bekerja untuk memulihkan kondisi secara optimal seperti mendukung fungsi pencernaan, menenangkan sistem syaraf, mendukung produksi hormon dan enzim serta membuat tubuh merasa lebih nyaman.
  5. Tubuh pada umumnya bisa menerima semua jenis obat herbal tanpa memberikan efek samping karena obat herbal itu mengandung berbagai senyawa yang sangat lengkap. Senyawa yang sudah masuk ke dalam tubuh akan mudah diterima dan reaksi penolakan yang umumnya sangat rendah.

Produksi Herbal Secara Profesional

Gambar Herbal Medicine Universitas Jember

Produksi obat herbal yang dilakukan secara konvensional akan membuat konsumen merasa tidak percaya dengan kemampuan obat herbal. Karena itu obat herbal harus diolah dari bahan-bahan terbaik, memiliki kemasan yang baik dan mudah untuk digunakan. Beberapa bentuk obat herbal adalah seperti jamu, racikan, serbuk, kapsul, pil, sirup, teh dan minuman lain. Berbagai jenis produk herbal inilah yang akan membuat konsumen percaya karena produk tentu sudah mendapatka pengujian dan penelitian. Sementara produk herbal yang diolah sendiri kemungkinan tidak terlalu dipercaya. Dengan beberapa dorongan untuk memajukan industri herbal maka akan membuat masyarakat mudah dalam menerima metode pengobatan herbal.

Ahli dalam Pengobatan Herbal

Umumnya ahli yang mengembangkan pengobatan herbal saat ini adalah orang yang bekerja untuk membuat produk herbal dan menjualnya secara langsung. Hal inilah yang kemudian akan membuat konsumen merasa tidak terlalu percaya dengan berbagai jenis obat herbal. Ada banyak langkah yang perlu dilakukan untuk membuat masyarakat menjadi lebih percaya. Diperlukan ahli obat herbal seperti dokter, ahli peneliti obat herbal dan ahli pendidikan yang mengembangkan farmasi herbal. Kehadiran berbagai ahli inilah yang akan membuat obat herbal terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Upaya Universitas Jember yang membangun wahana khusus untuk wisata dan pendidikan obat herbal akan mendukung Indonesia sebagai negara pusat tanaman obat herbal. Sesekali Anda bisa mencoba untuk datang ke pusat tanaman herbal ini dan melihat secara langsung koleksi tanaman herbal.
Facebook Twitter Google+

1 komentar:

 
Back To Top